Makna dari Ucapan Salam "Om Swastiastu" dalam Agama Hindu

Om Swastiastu

Didik Ariyana - Dalam kehidupan sehari hari masyarakat di bali, setiap bertemu seseorang pastinya akan mngucap salam Om Swastiastu, namun berbeda dengan jaman sekarang ini, sudah jarang orang orang hindu dibali mengucapkan salam Om Swastiastu terutama pada kalangan muda di bali, sangat jarang mereka mengucapkan Salam Om Swastiastu. Namun kita harus tetap melestarikan ini, agar tidak punah di masa yang semakin modern ini. Lalu apa sebenarnya arti makna dari salam Om Swastiastu ?

Makna Om Swastiastu


Om Swastiastu merupakan sebuah salam pembuka yang biasa diberikan oleh orang kepada seseorang yang ditemuinya dimanapun. Pada saat mengucapkan salam Om Swastiastu ini, kedua tangan dicakupkan bersamaan di depan dada dengan ujung jari yang mengarah keatas, tetapi bila keadaan yang tidak memungkinkan, sikap ini boleh tidak dilakukan atau diterakpan. Yang menerima salam seyogyanya memberikan ucapan yang sama yaitu "Om Swastiastu" dengan sikap yang sama juga, yaitu mencakupkan kedua tangan bersamaan di depan dada.

Makna atau arti ucapan kata dari Om Swastiastu ialah berasal dari beberapa kata yaitu : "OM" yang artinya adalah Tuhan, "SU" yang artinya adalah Baik, "ASTI" yang berarti ada dan terakhir "ASTU" yang berarti Semoga, jadi keselurah dari ucapan Om Swastiastu ialah SEMOGA SELAMAT ATAS RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA. dengan demikian, secara tidak sengaja kita mengucapkan salam Om Swastiastu maka pada setiap kegiatan kita saling doa mendoakan satu sama lain.

dalam penulisan aksara bali, Om Swastiastu ditulis seperti dibawah ini, dan Ucapan Om Swastiastu dalam bentuk aksara ini sering kita temui pada halam depan pintu masuk pada saat pernikahan ataupun acara lainnya dibali.

Om Swastiastu

Sekian dulu Makna dari Ucapan Salam "Om Swastiastu" dalam Agama Hindu dari saya. Terima kasih karna telah berkunjung ke Blog Saya Saya sangat Berterima Kasih jika Anda Meninggalkan Komentar :) Terima Kasih yg sudah berkunjung di Blog Saya, jangan lupa Comment And Share ! :D

Previous Post
Next Post
Related Posts